Tujuan
a)
Sebagai momentum
silaturrahim berbagai unsur masyarakat, baik akademisi, praktisi, serta
mahasiswa untuk memahami lebih jauh mengenai ekonomi syariah dalam nuansa
edukatif dan kompetitif.
b)
Sebagai bentuk nyata
partisipasi aktif mahasiswa dalam membumikan ekonomi islam.
c)
Meningkatkan kemampuan
peserta terkait pemahamannya terhadap ekonomi islam.
d)
Membangun semangat
berkompetisi mahasiswa.
e)
Membangun nuansa ilmiah
di kalangan mahasiswa.
Sasaran
Sasaran peserta pada kegiatan
ini adalah mahasiswa aktif perguruan tinggi pada Kelompok Studi Ekonomi Islam
(KSEI) Regional Jabodetabek.
Syarat Peserta
1.
Peserta olimpiade merupakan mahasiswa perguruan
tinggi setara D3 atau S1 se-Jabodetabek.
2.
Setiap tim olimpiade wajib mengirimkan essay
sesuai tema acara dengan format :
a)
Font
: Times New
Roman
b)
Size Font :
12 pt
c)
Spasi : 1 (single)
d)
Jumlah Kata : minimal 1000,
maksimal 1500
3.
Setiap KSEI mengirim maksimal 3 tim,
dimana setiap tim terdiri dari 3 orang.
4.
Setiap tim diwajibkan membayar Rp 100.000,-
untuk snack dan makan siang bukan untuk uang pendaftaran karena dikhawatirkan adanya
unsur maisir.
5.
Anggota tim yang pernah menjadi finalis temilreg
sebelumnya tidak diperkenankan untuk mengikuti temilreg 2014.
6.
Khusus untuk tim yang berasal dari STEI
SEBI, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan STEI TAZKIA tidak lebih dari semester
4.
7.
Deadline pendaftaran dan pengiriman
essay adalah13 Februari 2013.
8. Soft copy dikirim
ke email Temilreg2014@gmail.com
dengan subyek ESSAY OLIMPIADE_NAMA TIM_INSTITUSI.
Peraturan
A.
Peraturan
Umum
a)
Peserta diwajibkan hadir 30 menit sebelum
acara dimulai.
b)
Peserta tidak diperkenankan membawa buku
atau catatan dalam bentuk apapun.
c)
Peserta tidak diperkenankan membawa alat
komunikasi seperti ponsel demi kepentingan apapun.
d)
Apabila peserta melanggar peraturan yang
telah ditetapkan, maka panitia berhak untuk menindaklanjuti terhadap tim yang
bersangkutan.
e)
Keputusan dewan juri adalah mutlak.
B.
Peraturan
Khusus
a)
Babak
Penyisihan
1.
Tes
tertulis
§ Peserta
yang terlambat tidak diberikan tambahan waktu.
§ Anggota
tim tidak boleh digantikan dengan yang lain tanpa konfirmasi sebelumnya kepada panitia.
§ Deadline
konfirmasi penggantian anggota tim 15 Februari 2013.
§ Peserta
diwajibkan membawa alat tulis sendiri.
§ Peserta
tidak diperkenankan meninggalkan ruangan ujian sebelum waktu ujian berakhir.
§ Peserta
dilarang berbuat keributan pada saat ujian berlangsung.
2.
Presentasi
§ Semua
anggota tim boleh menjawab pertanyaan yang diajukan oleh juri.
3.
Babak
Perempatfinal
§ Setiap
tim tidak diperkenankan untuk mengganti anggotanya.
§ Jika
salah satu anggota tim berhalangan hadir maka lomba akan tetap dimulai dengan jumlah
anggota seadanya.
4.
Semifinal
§ Peserta
dilarang mengucapkan kata-kata kasar, berbau SARA, dan sejenisnya.
§ Jika
salah satu anggota tim berhalangan hadir maka wajib mengajukan penggantinya dan
konfirmasi sebelumnya kepada panitia.
5.
Final
§ Setiap
tim tidak diperkenankan untuk mengganti anggotanya.
§ Jika
salah satu anggota tim berhalangan hadir maka lomba akan tetap dimulai dengan jumlah
anggota seadanya.
Cara Pendaftaran
1.
Mengunduh formulir pendaftaran dan petunjuk
pelaksanaan Olimpiade Ekonomi Islam melalui Temilreg2014.blogspot.com
2.
Mendaftar tim delegasi via e-mail ke temilreg2014@gmail.com sesuai dengan format
yang terdapat di formulir pendaftaran
3.
Peserta
membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 100.000,-
4.
Pembayaran
dilakukan melalui rekening BSM a.n. Taufik Akbar
No. 2220038287
paling
lambat 10 Februari 2014.
5.
Konfirmasi pembayaran ke Alex Afit (0838 – 7264 – 0036) dengan format Nama_Nama
PT_Nominal Pembayaran_Olimpiade dan bukti transaksi diserahkan panitia ketika
technical meeting
6.
Mengirimkan essay ke e-mail temilreg2014@gmail.com dengan format ESSAY OLIMPIADE_NAMA TIM_INSTITUSI.
7.
Tim yang terdaftar menjadi peserta Olimpiade
Ekonomi Islam adalah tim yang mendapat e-mail balasan dari panitia
8.
Peserta diwajibkan membawa formulir pendaftaran
dan kartu mahasiswa pada saat registrasi ulang
Standar
Kompetensi Olimpiade
1.
Ekonomi Mikro dan Makro Konvensional
2.
Ekonomi Mikro dan Makro Islami
3.
Fiqh (Qowaidul Fiqhiyah, Fiqh Muamalah,
Ayat dan Hadist Ekonomi)
4.
Akuntansi Syariah dan Kovensional
5.
Bank dan Lembaga Keuangan Syariah dan Konvensional
6.
Zakat
7.
Manajemen Syariah
8.
Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam
9.
Pengetahuan isu-isu Kontemporer Ekonomi
Islam
Adapun
buku-buku yang menjadi referensi dalam olimpiade ekonomi islam adalah:
1.
Understanding Islamic Finance (Muhammad
Ayub)
2.
Buku Pintar Ekonomi Islam (Ahmad Ifham Sholihin)
3.
Islamic Banking (Veitzhal Rivai)
4.
Himpunan Fatwa DSN MUI
5.
Kodifikasi Bank Indonesia
6.
Akuntansi Keuangan Syariah (Rifqi
Muhammad)
7.
Ekonomi Islam (P3EI Universitas Islam
Indonesia, Jogja)
8.
Ekonomi Mikro dan Makro Islam (Adiwarman
A Karim)
9.
Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam
(Adiwarman A Karim)
10.
Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam (Euis Amalia)
11.
Qowaid Fiqhiyah (Hendri Tanjung)
12.
Harta Haram Muamalah Kontemporer
(Erwandi Tarmidzi)
13.
The Celestial Management (A. Riawan
Amin)
14.
Manajemen Zakat (Didin Hafidhudin)
15.
Mikro Ekonomi (Sadono Sukirno)
16.
Makro Ekonomi (Sadono Sukirno)
Dewan Juri
Dewan
Juri dan Tim Penyusun soal Olimpiade terdiri dari :
1.
Akademisi Syariah
2.
Praktisi Bisnis Syariah
3.
Lembaga/Organisasi Islam
Teknis
Olimpiade Ekonomi Islam
TEMILREG 2014 terdiri dari 4 babak yaitu
:
A.
Babak Penyisihan
Pelaksanaan
babak penyisihan terdiri dari 2 tahap yaitu tes tertulis dan presentasi.
1.
Tes Tertulis
§ Tes Tertulis akan dilaksanakan di
Aula 1 – 4 (STEI SEBI)
§ Tes Tertulis terdiri dari pilihan ganda
(90 soal) dan essay (10 soal)
§ Waktu untuk mengerjakansoal adalah 90 menit
§ Setiap anggota tim akan mengerjakan
soal yang sama secara individu dan menempati tempat duduk sesuai dengan ketentuan
panitia
§ Kriteria penilaian pilihan ganda adalah
benar : +3, salah : -1, dan tidak dijawab : 0
§ Penilaian maksimal masing-masing soal
essay adalah 3 point
§
Penilaian
akumulatifpenyisihan, untuktestertulis 40% darinilai yang
didapatkanolehmasing-masingtimdanmerupakanakumulasidarianggotamasing-masingtim.
2.
Presentasi Essay
§ Tempat presentasi di Aula 1 – 4
(STEI SEBI)
§ Panitia akan mengelompokkan tim untuk
penempatan ruangan
§ Presenter adalah ketua tim
§ Waktu presentasi maksimal 10
menit
§ Peserta hanya diperbolehkan membawa
essay yang akan dipresentasikan
§ Semua anggota tim diperbolehkan menjawab
pertanyaan yang diajukan juri
§
Penilaiana
kumulatif penyisihan, untuk presentasi adalah 60% dari nilai yang didapatkan oleh
masing-masing tim
Setelah semua nilai
masing-masing tim diakumulasikan, maka akan dipilih 12 tim terbaik yang akan melanjutkan kebabak selanjutnya, yaitu Babak
Perempatfinal
B. Babak
Perempatfinal
1.
Babak
perempatfinal dilaksanakan di Aula 1 – 4 (STEI SEBI)
2.
Babak
perempatfinal diikuti oleh 12 tim
3.
Babak
perempatfinal merupakan cerdas-cermat, terdiri dari tiga tahap, yaitu:
§ Tahap I, Soal Amplop : 10 soal untuk
masing-masing tim
§ Tahap II, Soal Rebutan : 10 soal
yang diperebutkan oleh seluruh tim
§ Tahap III, Soal Rebutan Bertingkat
: 10 soal yang diperebutkan oleh seluruh tim dengan point bertingkat
4.
Babak
perempatfinal terdiri dari 3 shift, dimana setiap shift terdiri dari 4 tim.
5.
Soal
perempat final merupakan soal dengan jawaban singkat dimana soal akan dibacakan
6.
Alokasi
waktu untuk setiap tahap adalah:
§ Tahap I : 10 detik/soal
§ Tahap II : 15 detik/soal
§ Tahap III : 20 detik/soal
7.
Skala
penilaian untuk setiap tahap adalah :
§ Tahap I : 100 point/soal
§ Tahap II : Benar +100; Salah -50;
Tidak Menjawab 0
§
Tahap
III : Benar + (100 – 1000 point); Salah : akan dikurangi 50% dari jumlah point
soal
Dari setiap shift akan diambil 2 tim terbaik dengan point
terbesar, sehingga 6 tim terbaik akan melanjutkan kebabak semifinal.
C. Babak Semi Final
1. Babak semifinal dilaksanakan di
Aula 1 – 4 (STEI SEBI)
2. Babak semifinal diikuti oleh 6 tim
dengan perolehan nilai tertinggi dari babak perempatfinal
3. Babak semifinal merupakan debat ilmiah
4. Babak semifinal terdiri dari 3
shift, dimana setiap shift terdiridari 2 tim, 1 tim sebagai tim pro dan 1 tim
lainnya sebagai tim kontra
5. Alokasi waktu untuk setiap shift
adalah 45 menit
6. Materi debat yang terkait akan diberikan
setelah pengumuman dari babak perempatfinal
Dari setiap
shift akan diambil 1 tim terbaik, sehingga 3 tim terbaik dari ketiga shift akan
melanjutkan kebabak final
D.
Babak Final
1.
Babak
final dilaksanakan di Aula 1 (STEI SEBI)
2.
Babak
final diikutioleh 3tim terbaik dari Babak final
3.
Babak
final merupakan studi kasus (problem solving)
4.
Kasus
(masalah) akan diberikan setelah pengumuman 3 tim terbaik dari babak semi final
5.
Masing-masing
tim akan dipanggil dan menyampaikan argumennya kepada dewan juri di ruangan
yang telah ditentukan
6.
Presenter
adalah ketua tim
7.
Semua
anggota tim diperbolehkan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri
8.
Bagi
tim yang belum dipanggilakan menempati ruangan lain yang ditentukan oleh panitia
9.
Alokasi
waktu untuk masing-masing tim adalah 15 menit
10.
Setelah
seluruh Finalis selesai, maka akan diadakan rapat Dewan Juri untuk menentukan juara
1, 2 dan 3
Penentuanjuara
1, 2 dan 3 adalahakumulasinilaidaribabaksemi final (25%) danbabak final (75%)
Contact Person :0838 7264 0036
(Alex Afit Ardiansyah)
Proposal Desa Binaan
Deskripsi
Lomba
Proposal Desa Binaan Plan
merupakan ajang dan sarana bagi mahasiswa untuk menyalurkan aspirasi berupa
gagasan yang tertuang dalam bentuk tulisan dalam mengembangkan potensi
masyarakat pedesaan yang berlandaskan prinsip-prinsip syariah.
Tema
“Desaku Mandiri, Desaku Menginspirasi”
Kriteria Peserta
1.
Peserta adalah kelompok
mahasiswa yang sedang aktif dan terdaftar dalam program pendidikan S-1 atau
Diploma, dibuktikan dengan melampirkan fotokopi KTM (Kartu
Tanda Mahasiswa).
2.
Peserta adalah kelompok
yang terdiri dari 3 (tiga) orang yang dapat berasal dari berbagai program studi
yang berbeda atau dari satu program studi yang sama, namun masih dalam satu
perguruan tinggi.
3.
Peserta Lomba Proposal
Desa Binaan tidak
boleh mengikuti perlombaan Olimpiade
dan video dalam acara TELMIREG 2014
Prosedur
Pendaftaran
1.
Peserta mengirimkan proposal, formulir ( unduh di Temilreg2014.blogspot.com ) dan FC KTM dalam satu file format PDF dengan ukuran file max 10 MB dan diberi nama NamaKetua_NamaPT_TEMILREG2014.pdf yang kemudian dikirim bentuk
softcopy ke email Temilreg2014@gmail.com paling lambat 10 Februari 2014 pkl 23.59
WIB ke Panitia TELMIREG 2014 (Jl. Raya Bojongsari,
Depok, Jawa Barat – Indonesia 16517).
2. Peserta membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 50.000,-
3.
Pembayaran
dilakukan melalui rekening BSM a.n. Taufik Akbar
No. 2220038287paling
lambat 10 Februari 2013.
4.
Konfirmasi pembayaran ke Sekti Jatmiko (0896 – 9048 – 4551) dengan format Nama_Nama
PT_Nominal Pembayaran_BSM dan menyerahkan bukti transfer ketika technical
meeting.
5. Pengumuman
5 finalis akan diumumkan pada 17 Februari 2013 pukul 10.00 WIB
Tema
1. Proposal
Desa Binaan (cover, isi, atau lampiran) boleh didesain se-kreatif mungkin oleh peserta.
2. Poin-poin
pada cover WAJIB disertakan adalah:
a. Kata
“TELMILREG 2014”
b. Judul
Proposal Desa Binaan Plan
c. Nama
Kelompok dan Anggota (nama lengkap/NIM)
d. Logo,
Nama dan Kota Perguruan Tinggi peserta, serta tahun.
3. Bentuk
proposal Desa Binaan bebas
(portrait / landscape) dengan menggunakan kertas A4.
4.
Maksimal 20 halaman termasuk halaman cover, daftar isi, CV peserta serta surat keterangan keaslian
karya.
5.
Poin-poin yang dituliskan dalam isi :
a. Judul
Judul Program Hibah Bina Desa
hendaklah singkat dan spesifik, tetapi cukup jelas memberi gambaran kegiatan
yang diusulkan.
b. Latar
belakang
ü Identifikasi masalah
Uraikan secara kuantitatif potret,
profil, dan kondisi masyarakat sasaran yang akan dilibatkan. Uraikan kondisi
dan potensi dari segi fisik, pendidikan, sosial, ekonomi, kesehatan maupun
lingkungan yang relevan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan.
ü Potensi daerah
Prospek
potensi Daerah/Desa tampikan data baik secara kualitatif maupun kuantitatif
ü ……………….. *tambahkan
sub-poin lainnya bila perlu (menyesuaikan
kebutuhan)
c.
Rumusan masalah
ü Jelaskan permasalahan yang dihadapi oleh Desa / kelompok
sasaran (persoalan eksisting terkait dengan pendidikan, kesehatan, ekonomi,
teknologi, sumber daya manusia, sosial budaya dan lingkungan.
ü Tuliskanlah masalah yang menjadi prioritas dalam yang akan dilaksanakan.
ü Usahakan permasalahannya bersifat spesifik konkret serta
benar-benar merupakan permasalahan prioritas Desa / kelompok sasaran.
d. Tujuan
ü Jelaskan tujuan apa yang akan dicapai dalam kegiatan ini
ü Usahakan tujuan ini kuantitatif dan terukur
e.
Indikator keberhasilan
ü Berikan Indikator tingkat keberhasilan yang diharapkan
dicapai, dampak kegiatan terhadap Desa / kelompok sasaran, misalnya dari segi
pendidikan, kesehatan, ekonomi, teknologi, sumber daya manusia, sosial budaya
dan lingkungan
f.
Output yang diharapkan
g. Manfaat
program
ü Kegunaan ini dirumuskan secara
spesifik sesuai dengan [seukuran] problemyang akan dipecahkan/dijawab
h. Metode
pelaksanaan
ü
Uraikan metode yang digunakan dalam
pelaksanaan program secara rinci, meliputi teknis, cara atau tahapan kegiatan dalam
menyelesaikan permasalahan dan sekaligus pencapaian tujuan serta keberlanjutan
program. Tahap Pelaksanaan meliputi :
1. Identifikasi masalah
2. Analisis kebutuhan
3. Penyusunan Program
4. Pelaksanaan Program
5. Monitoring dan Evaluasi
6. Lokakarya Hasil
7 ……………….. *tambahkan sub-poin
lainnya bila perlu (menyesuaikan
kebutuhan)
h. Strategi kegiatan
i.
SDM
yang dibutuhkan
j.
Rancangan
anggaran
Rancangan biaya disusun secara lengkap,
wajar, dan jelas peruntukannya dengan komponen biaya
k. Lampiran
ü Denah lokasi (wajib dilengkapi dengan
deskripsi pemilihan tempat)
ü Lembar Pengesahan
ü ............*tambahkan
sub-poin lainnya bila perlu (menyesuaikan kebutuhan)
Kriteria
Penilaian
a. Konsep Penilaian
Penilaian dalam
Lomba Proposal Desa Binaan TELMIREG 2014
dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian berupa
skor atas variabel-variabel penilaian yang kemudian dirangking. Variabel
tersebut meliputi variabel inovasi, variabel sosial. Hasil terbaik akan
dipanggil sebagai nominator yang kemudian dinilai kembali melalui proses
penjurian dalam aspek kualitatif.
b. Indikator Penilaian
Penilaian dalam lomba Proposal Desa Binaan ini memiliki
indikator sebagai berikut :
a.
Kebaruan
sebagai karakter inovasi desa binaan
b.
Tingkat
pemanfaatan teknologi;
c.
Nilai
inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat;
d.
Stimulator
perkembangan ekonomi masyarakat;
e.
Pendongkrak
tumbuhnya perekonomian masyarakat;
f.
Keseimbangan
inovasi dengan dampak pengembangan hasil;
g.
Peningkatan
nilai tambah.
c. Tahap Penilaian
Proses penilaian dalam Lomba Proposal Desa Binaan
dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap penilaian administrasi dan dokumen,
tahap penilaian substansi, tahap penilaian akhir.
a.
Tahap
Penilaian Administrasi dan Dokumen
Tahap penilaian administrasi dan dokumen dilakukan dengan
cara mengecek kelengkapan persyaratan administrasi dan dokumen yang ditetapkan
dan penyerahan dokumen dalam bentuk softcopy
dan hardcopy.
b.
Tahap
Penilaian Substansi
Tahap penilaian substansi dilakukan dengan menguji isi
proposal berdasarkan indikator yang telah ditetapkan.
c.
Tahap
Penilaian Akhir
Tahap penilaian akhir akan ditentukan berdasarkan hasil penilaian juri sebanyak
5 (lima) kelompok yang akan diundang untuk hadir dalam presentasi. Peserta
mempresentasikan proposal desa binaan plannya dengan durasi waktu 15 menit.
Dilanjutkan tanya jawab dengan juri/peserta lain berdurasi 15 menit.
d.
Keputusan
Juri tidak bisa di ganggu gugat
Tata Tertib
1.
Peserta Finalis Proposal Desa Binaan Plan menggunakan
pakaian rapi, jas almamater, dan sepatu.
2.
Pembagian ID dan nomor finalis akan
ditentukan dengan undian pada saat Technical Meeting.
3.
Peserta akan tampil dan mempresentasikan
Proposalnya sendiri dihadapan 3
(tiga) Dewan Juri.
4.
Tiap peserta finalis memperoleh waktu 25
menit dengan alokasi:
·
Presentasi proposal maksimum 15 menit
·
Tanya-jawab dengan dewan juri/forum TEMILREG
2014 maksimum 10 Menit
5. Peserta
diharapkan hadir di ruang lomba 20 menit sebelum perlombaan dimulai.
6.
Jika dalam waktu 5 menit peserta yang
dipanggil tidak tampil ke depan, maka peserta yang bersangkutan dinyatakan
gugur.
7.
Pada saat sesi Tanya-jawab dengan forum
TEMILREG 2014, tiap peserta finalis boleh mengajukan pertanyaan pada finalis
yang sedang tampil.
8.
Penilaian ada sesi Tanya-jawab dengan forum
TEMILREG 2014 hanya pada kemampuan menjawab dari peserta yang tampil, bobot
pertanyaan peserta lain tidak menjadi perhitungan Dewan Juri.
9.
Apabila pada sesi Tanya-jawab dengan forum
TEMILREG 2014 tidak ada yang mengajukan pertanyaan atau semua pertanyaan sudah
habis dijawab peserta yang tampil sebelum waktu yang dialokasikan telah habis,
maka sisa waktu sesi tersebut akan digunakan kembali untuk Tanya-jawab dengan
Dewan Juri.
10. Keputusan
Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Pengumuman
Pemenang
1. Pengumuman peserta Finalis Proposal Desa
Binaan Plan TEMILREG 2014 yang berjumlah 5 kelompok akan disampaikan oleh
panitia pada tanggal 17 Februari 2014 lewat telepon maupun website TEMILREG
2014.
2. Penyerahan hadiah kepada pemenang Proposal
Desa Binaan Plan TEMILREG akan diadakan pada tanggal 22 Februari 2014 pada
acara Closing Ceremonial TEMILREG 2014
Contact Person :0896
9048 4551
(Sekti Jatmiko)
Video Ekonomi Islam
Contact Person :08974901974 (Fadlan
Karimuddin)
Fun Games
Deskripsi
Skema dan Jadwal
Perlombaan
Contact Person :0856
9086 270 (Sarniati)
Video Ekonomi Islam
Deskripsi Acara
Lomba membuat video yang menggambarkan aktifitas ekonomi yang sehari- hari
sering tejadi secara sederhana atau kompleks dalam bentuk visual.Sehingga
khalayak mampu memahami Ekonomi Islam yang memberikan nilai kebaikan pada umat
manusia.
Tujuan
a)
Mensosialisasikan
Ekonomi
Islam pada masyarakat yang masih minim
informasi dalam aktifitas Ekonomi
Islam.
b)
Mahasiswa mampu mensosialisasikan Ekonomi Islam dalam dalam betuk hasil karya visual.
Sasaran
Mahasiswa/i jenjang strata1 maupun diploma yang “aktif” di dalam kampus.
Tema Video
“Islamic
Economics started from my self and my environment”
“Ekonomi Islam bermula dari diriku
dan lingkunganku”
Jenis Video
Dokumenter atau Sketsa
Syarat dan
Ketentuan
A.
Persyaratan kriteria peserta
1.
Peserta terbuka untuk MAHASISWA/I yang “Aktif”
di dalam kampus
2.
Peserta bisa individu ataupun kelompok (tidak terbatas)
3.
Peserta mengisi formulir pendaftaran dengan cara mengunduhnya di blog Temilreg2014.blogspot.com
B.
Pesyaratan video
1.
Video mengambarkan Berdasarkan Tema &
Tujuan
2.
Durasi video 5-10 menit
3.
Video yang diikut sertakan dalam lomba
adalah hasil karya asli dari individu ataupun kelompok (kuota dari kelompok
bebas)
4.
Video yang diikut sertakan adalah video
yang sebelumnya belum pernah diikut sertakan dalam perlombaan apapun
5.
Video yang diperkenankan untuk mengikuti
perlombaan adalah video yang tidak melanggar aturan-aturan syara’ dan
norma-norma yang berlaku serta tidak diperkenankan untuk menyinggung suatu
badan atau pihak-pihak tertentu
6.
Karya video yang dikirim bisa lebih dari
satu video
C.
Ketentuan dalam kompetisi video Ekonomi
Syariah
1.
Buatlah sebuah video dengan durasi 5-10
menit
2.
Buatlah video dengan tema “ Islamic Economics started from my self and
my environment”
3.
Video dianjurkan dapat menggunakan
subtitle Bahasa Inggris
4.
Di Upload di youtube dan Tag di facebook
telmireg,
5.
Penamaan Judul Video, dengan format #Temilreg2014_judul video_asalkampus.
D.
Indikator Penilaian
1.
Dilihat dari kesesuaian dengan tema
2.
Lamanya durasi video
3.
Efek dalam video
4.
Pesan yang disampaikan dalam video
5.
Jumlah like (Y)
6.
Jumlah penonton video
7.
Bahasa yang digunakan dalam video
E.
Penjurian
1.
Batas Pengiriman atau batas untuk
mengungah 17 februari 2014.
2.
Keputusan juri tidak dapat diganggu
gugat
3.
Pemenang dihubungi melalui melalui
telpon dan posting di website dan facebook
4.
Pemenang harus hadir di acara puncak
F.
Informasi
Tambahan
1. Peserta hanya dapat memenangkan hadiah untuk 1
video saja.
2. Hadiah tidak
dapat ditukar dan dipindahtangankan ke pihak lain.
3. Hadiah yang tidak diklaim dalam jangka waktu 1 (satu)
bulan setelah pengumuman Pemenang akan hangus dan tidak dapat diambil.
4. Apabila dikemudian hari diketahui ada Pemenang yang
telah melanggar Syarat dan Ketentuan Umum ini, maka secara otomatis gelar
pemenang yang akan diberikan kepada Peserta yang bersangkutan akan dibatalkan
dan Peserta tersebut tidak berhak atas hadiah lomba.
5. Video
yang dikirim telah menjadi hak milik pelaksana acara.
6. Terkait
info lebih lanjut silahkan dilihat di twitter-facebook-blogspot.
7. Pengumuman
pemenang akan diumumkan pada Seminar.
8. Pemenang
diundang pada acara seminar
Cara Pendaftaran
1. Mengunduh
formulir pendaftaran dan petunjuk pelaksanaan video Ekonomi Islam melalui Temilreg2014.blogspot.com
2.
Mendaftar tim delegasi via e-mail
ke temilreg2014@gmail.com
sesuai dengan format yang terdapat di formulir pendaftaran
3.
Peserta
membayar uang pendaftaran sebesar Rp.
25.000,00
4.
Pembayaran
dilakukan melalui rekening BSM a.n. Taufik Akbar
No. 2220038287paling
lambat 10 Februari 2014.
5.
Konfirmasi pembayaran ke Fadlan
(0897-490-1974) dengan format Nama_Nama PT_Nominal Pembayaran_Video dan
bukti transaksi diserahkan panitia ketika technical meeting
Fun Games
Deskripsi
Seperti namanya, “Fun
Games” maka perlombaan ini pun memang benar bersifat santai, enjoy, dan fun.
Tetapi tidak terlepas dari arena Ekonomi Syariah itu tentunya.Diharapkan dari
permainan ini nantinya dapat menambah ukhuwah, kerjasama, dan kekompakan setiap
peserta.
Peserta Lomba
Peserta perlombaan ini
adalah berjumlah 25 tim yang masing-masing tim berjumlah dua orang. Peserta ini
didapat dari perwakilan KSEI yang ada, jika belum mencukupi 25 tim, maka
diberikan tambahan tim dari KSEI yang bersedia hingga jumlah akhir adalah 25
tim.
Tempat
Setting tempat perlombaan adalah outdoor / dihalaman
SEBI.
Cara Pendaftaran
1.
Mengunduh formulir pendaftaran dan
petunjuk pelaksanaan Fun Games Ekonomi Islam melalui Temilreg2014.blogspot.com
2.
Mendaftar tim delegasi via e-mail ke temilreg2014@gmail.com
sesuai dengan format yang terdapat di formulir pendaftaran
3.
Peserta
membayar uang pendaftaran sebesar Rp.
15.000,00
4.
Pembayaran
dilakukan melalui rekening BSM a.n. Taufik Akbar
No. 2220038287paling
lambat 10 Februari 2014.
5.
Konfirmasi pembayaran ke Sarniati(0856-9086-270) dengan format Nama_Nama
PT_Nominal Pembayaran_Fun Games dan bukti transaksi diserahkan panitia ketika
technical meeting
Teknis Perlombaan
1. Sesi 1
a.
Perlombaan sesi I terdiri dari dua jenis yaitu balon dan bola.
b.
Peserta di sesi I berjumlah 25 tim.
c.
Terdiri dari lima (5) waktu permainan, dimana setiap waktu permainan
terdiri dari lima tim, sehingga lengkap 25 tim.
d.
Dari setiap waktu permainan / dari lima tim yang bermain akan diperoleh
satu tim berdasarkan perolehan poin terbanyak, yang kemudian akan masuk di
final sesi ke-2.
e.
Perlombaan diikuti oleh dua orang dari masing-masing tim.
f.
Dalam permainan balon, tiap peserta saling beradu punggung untuk
memecahkan balon yang berisi soal, tangan saling bergandengan dengan peserta
tim lain.
g.
Peserta akan mendapatkan kertas berisi potongan soal yang harus
dilanjutkan.
h.
Dalam permainan bola (nampan berisi bola-bola kecil), setiap peserta
berebut mencari lanjutan soal di dalam bola-bola.
i.
Sambil mencari lanjutan soal, peserta harus ta’arufan dengan peserta lain
sebanyak delapan orang ditunjukkan dengan mengisi data yang disediakan panitia.
j.
Setelah dapatkan 2 potongan soal,
maka peserta bisa secepatnya menjawabnya dengan menuliskan di lembar kertas
yang telah disediakan panitia.
k.
Selama perlombaan, dilakukan penghitungan waktu.
2. Sesi 2
a.
Yang mengikuti perlombaan di sesi ke-2 terdiri dari lima (5) tim yang
lolos dari sesi I.
b.
Permainan dalam sesi ke-2 berupa menjawab dan menebak soal yang sudah
disediakan panitia.
c.
Akan dilakukan pengundian untuk menentukan tim mana yang akan main
terlebih dahulu, beserta soalnya.
d.
Dalam permainan sesi ke-2 orang
pertama bertugas menjawab soal.
e.
Sedangkan peserta satu lagi bertugas
menebak hasil jawaban rekan kerjanya.
f.
Waktu yang tersedia dari menjawab sampai menebak adalah 5 menit, jika
sampai waktu habis belum juga tertebak, maka dinyatakan gagal.
g.
Menjawab soal benar akan mendapat nilai 50.
h.
Peserta penebak tidak boleh tahu hasil jawaban temannya. Dan peserta
penjawab hanya boleh memberikan klu di awal dan selanjutnya hanya boleh
mengatakan benar/ tidak/ bisa jadi/ bukan saja, selain itu maka akan
didiskualifikasi.
Peraturan
Perlombaan
1.
Selama perlombaan peserta harus memperhatikan aturan yang ada.
2.
Tidak diperkenankan untuk berbuat curang.
3.
Dilarang bekerja sama dengan penonton dan siapapun selain teman kerjanya.
Penilaian
Perlombaan
Penilaian dari perlombaan ini adalah didasarkan atas
:
1.
Kecepatan
a.
Cepat I bernilai 50
b.
Cepat II bernilai 40
c.
Cepat III bernilai 30
d.
Cepat IV bernilai 20
e.
Cepat V bernilai 10
2.
Ketepatan
Jawaban soal benar akan
mendapatkan poin 50.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar