Konten Lomba

Olimpiade Ekonomi Islam
 

Tujuan
a)         Sebagai momentum silaturrahim berbagai unsur masyarakat, baik akademisi, praktisi, serta mahasiswa untuk memahami lebih jauh mengenai ekonomi syariah dalam nuansa edukatif dan kompetitif.
b)        Sebagai bentuk nyata partisipasi aktif mahasiswa dalam membumikan ekonomi islam.
c)         Meningkatkan kemampuan peserta terkait pemahamannya terhadap ekonomi islam.
d)        Membangun semangat berkompetisi mahasiswa.
e)         Membangun nuansa ilmiah di kalangan mahasiswa.
Sasaran
Sasaran peserta pada kegiatan ini adalah mahasiswa aktif perguruan tinggi pada Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Regional Jabodetabek.
Syarat Peserta
1.      Peserta olimpiade merupakan mahasiswa perguruan tinggi setara D3 atau S1 se-Jabodetabek.
2.      Setiap tim olimpiade wajib mengirimkan essay sesuai tema acara dengan format :
a)      Font                          : Times New Roman
b)      Size Font                   : 12 pt
c)      Spasi                         : 1 (single)
d)     Jumlah Kata             : minimal 1000, maksimal 1500  
3.      Setiap KSEI mengirim maksimal 3 tim, dimana setiap tim terdiri dari 3 orang.
4.      Setiap tim diwajibkan membayar Rp 100.000,- untuk snack dan makan siang bukan untuk uang pendaftaran karena dikhawatirkan adanya unsur maisir.
5.      Anggota tim yang pernah menjadi finalis temilreg sebelumnya tidak diperkenankan untuk mengikuti temilreg 2014.
6.      Khusus untuk tim yang berasal dari STEI SEBI, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan STEI TAZKIA tidak lebih dari semester 4.
7.      Deadline pendaftaran dan pengiriman essay adalah13 Februari 2013.
8.      Soft copy dikirim ke email Temilreg2014@gmail.com dengan subyek ESSAY OLIMPIADE_NAMA TIM_INSTITUSI.
Peraturan
A.    Peraturan Umum
a)         Peserta diwajibkan hadir 30 menit sebelum acara dimulai.
b)        Peserta tidak diperkenankan membawa buku atau catatan dalam bentuk apapun.
c)         Peserta tidak diperkenankan membawa alat komunikasi seperti ponsel demi kepentingan apapun.
d)        Apabila peserta melanggar peraturan yang telah ditetapkan, maka panitia berhak untuk menindaklanjuti terhadap tim yang bersangkutan.
e)         Keputusan dewan juri adalah mutlak.
B.     Peraturan Khusus
a)      Babak Penyisihan
1.      Tes tertulis
§  Peserta yang terlambat tidak diberikan tambahan waktu.
§  Anggota tim tidak boleh digantikan dengan yang lain tanpa konfirmasi sebelumnya kepada panitia.
§  Deadline konfirmasi penggantian anggota tim 15 Februari 2013.
§  Peserta diwajibkan membawa alat tulis sendiri.
§  Peserta tidak diperkenankan meninggalkan ruangan ujian sebelum waktu ujian berakhir.
§  Peserta dilarang berbuat keributan pada saat ujian berlangsung.
2.      Presentasi
§  Semua anggota tim boleh menjawab pertanyaan yang diajukan oleh juri.
3.      Babak Perempatfinal
§  Setiap tim tidak diperkenankan untuk mengganti anggotanya.
§  Jika salah satu anggota tim berhalangan hadir maka lomba akan tetap dimulai dengan jumlah anggota seadanya.
4.      Semifinal
§  Peserta dilarang mengucapkan kata-kata kasar, berbau SARA, dan sejenisnya.
§  Jika salah satu anggota tim berhalangan hadir maka wajib mengajukan penggantinya dan konfirmasi sebelumnya kepada panitia.

5.      Final
§  Setiap tim tidak diperkenankan untuk mengganti anggotanya.
§  Jika salah satu anggota tim berhalangan hadir maka lomba akan tetap dimulai dengan jumlah anggota seadanya.
Cara Pendaftaran
1.      Mengunduh formulir pendaftaran dan petunjuk pelaksanaan Olimpiade Ekonomi Islam melalui Temilreg2014.blogspot.com
2.      Mendaftar tim delegasi via e-mail ke temilreg2014@gmail.com sesuai dengan format yang terdapat di formulir pendaftaran
3.      Peserta membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 100.000,-
4.      Pembayaran dilakukan melalui rekening BSM a.n. Taufik Akbar No. 2220038287 paling lambat 10 Februari 2014.
5.      Konfirmasi pembayaran ke Alex Afit (0838 – 7264 – 0036) dengan format Nama_Nama PT_Nominal Pembayaran_Olimpiade dan bukti transaksi diserahkan panitia ketika technical meeting
6.      Mengirimkan essay ke e-mail temilreg2014@gmail.com dengan format ESSAY OLIMPIADE_NAMA TIM_INSTITUSI.
7.      Tim yang terdaftar menjadi peserta Olimpiade Ekonomi Islam adalah tim yang mendapat e-mail balasan dari panitia
8.      Peserta diwajibkan membawa formulir pendaftaran dan kartu mahasiswa pada saat registrasi ulang
Standar Kompetensi Olimpiade
1.      Ekonomi Mikro dan Makro Konvensional
2.      Ekonomi Mikro dan Makro Islami
3.      Fiqh (Qowaidul Fiqhiyah, Fiqh Muamalah, Ayat dan Hadist Ekonomi)
4.      Akuntansi Syariah dan Kovensional
5.      Bank dan Lembaga Keuangan Syariah dan Konvensional
6.      Zakat
7.      Manajemen Syariah
8.      Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam
9.      Pengetahuan isu-isu Kontemporer Ekonomi Islam  
Adapun buku-buku yang menjadi referensi dalam olimpiade ekonomi islam adalah:
1.             Understanding Islamic Finance (Muhammad Ayub)
2.             Buku Pintar Ekonomi Islam (Ahmad Ifham Sholihin)
3.             Islamic Banking (Veitzhal Rivai)
4.             Himpunan Fatwa DSN MUI
5.             Kodifikasi Bank Indonesia
6.             Akuntansi Keuangan Syariah (Rifqi Muhammad)
7.             Ekonomi Islam (P3EI Universitas Islam Indonesia, Jogja)
8.             Ekonomi Mikro dan Makro Islam (Adiwarman A Karim)
9.             Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam (Adiwarman A Karim)
10.         Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam (Euis Amalia)
11.         Qowaid Fiqhiyah (Hendri Tanjung)
12.         Harta Haram Muamalah Kontemporer (Erwandi Tarmidzi)
13.         The Celestial Management (A. Riawan Amin)
14.         Manajemen Zakat (Didin Hafidhudin)
15.         Mikro Ekonomi (Sadono Sukirno)
16.         Makro Ekonomi (Sadono Sukirno) 
Dewan Juri
Dewan Juri dan Tim Penyusun soal Olimpiade terdiri dari :
1.      Akademisi Syariah
2.      Praktisi Bisnis Syariah
3.      Lembaga/Organisasi Islam
Teknis
Olimpiade Ekonomi Islam TEMILREG  2014 terdiri dari 4 babak yaitu :
A.    Babak Penyisihan
Pelaksanaan babak penyisihan terdiri dari 2 tahap yaitu tes tertulis dan presentasi.
1.      Tes Tertulis
§  Tes Tertulis akan dilaksanakan di Aula 1 – 4 (STEI SEBI)
§  Tes Tertulis terdiri dari pilihan ganda (90 soal) dan essay (10 soal)
§  Waktu untuk mengerjakansoal  adalah 90 menit
§  Setiap anggota tim akan mengerjakan soal yang sama secara individu dan menempati tempat duduk sesuai dengan ketentuan panitia
§  Kriteria penilaian pilihan ganda adalah benar : +3, salah : -1, dan tidak dijawab : 0
§  Penilaian maksimal masing-masing soal essay adalah 3 point
§  Penilaian akumulatifpenyisihan, untuktestertulis 40% darinilai yang didapatkanolehmasing-masingtimdanmerupakanakumulasidarianggotamasing-masingtim.
2.      Presentasi Essay
§  Tempat presentasi di Aula 1 – 4 (STEI SEBI)
§  Panitia akan mengelompokkan tim untuk penempatan ruangan
§  Presenter adalah ketua tim
§  Waktu presentasi maksimal 10 menit
§  Peserta hanya diperbolehkan membawa essay yang akan dipresentasikan
§  Semua anggota tim diperbolehkan menjawab pertanyaan yang diajukan juri
§  Penilaiana kumulatif penyisihan, untuk presentasi adalah 60% dari nilai yang didapatkan oleh masing-masing tim
Setelah semua nilai masing-masing tim diakumulasikan, maka akan dipilih 12 tim terbaik yang akan melanjutkan kebabak selanjutnya, yaitu Babak Perempatfinal
B.    Babak Perempatfinal
1.         Babak perempatfinal dilaksanakan di Aula 1 – 4 (STEI SEBI)
2.         Babak perempatfinal diikuti oleh 12 tim
3.         Babak perempatfinal merupakan cerdas-cermat, terdiri dari tiga tahap, yaitu:
§  Tahap I, Soal Amplop : 10 soal untuk masing-masing tim
§  Tahap II, Soal Rebutan : 10 soal yang diperebutkan oleh seluruh tim
§  Tahap III, Soal Rebutan Bertingkat : 10 soal yang diperebutkan oleh seluruh tim dengan point bertingkat
4.         Babak perempatfinal terdiri dari 3 shift, dimana setiap shift terdiri dari 4 tim.
5.         Soal perempat final merupakan soal dengan jawaban singkat dimana soal akan dibacakan
6.         Alokasi waktu untuk setiap tahap adalah:
§  Tahap I : 10 detik/soal
§  Tahap II : 15 detik/soal
§  Tahap III : 20 detik/soal
7.         Skala penilaian untuk setiap tahap adalah :
§  Tahap I : 100 point/soal
§  Tahap II : Benar +100; Salah -50; Tidak Menjawab 0
§  Tahap III : Benar + (100 – 1000 point); Salah : akan dikurangi 50% dari jumlah point soal
Dari setiap shift akan diambil 2 tim terbaik dengan point terbesar, sehingga 6 tim terbaik akan melanjutkan kebabak semifinal.
C.    Babak Semi Final
1.      Babak semifinal dilaksanakan di Aula 1 – 4 (STEI SEBI)
2.      Babak semifinal diikuti oleh 6 tim dengan perolehan nilai tertinggi dari babak perempatfinal
3.      Babak semifinal merupakan debat ilmiah
4.      Babak semifinal terdiri dari 3 shift, dimana setiap shift terdiridari 2 tim, 1 tim sebagai tim pro dan 1 tim lainnya sebagai tim kontra
5.      Alokasi waktu untuk setiap shift adalah 45 menit
6.      Materi debat yang terkait akan diberikan setelah pengumuman dari babak perempatfinal
Dari setiap shift akan diambil 1 tim terbaik, sehingga 3 tim terbaik dari ketiga shift akan melanjutkan kebabak final
D.    Babak Final
1.            Babak final dilaksanakan di Aula 1 (STEI SEBI)
2.            Babak final diikutioleh 3tim terbaik dari Babak final
3.            Babak final merupakan studi kasus (problem solving)
4.            Kasus (masalah) akan diberikan setelah pengumuman 3 tim terbaik dari babak semi final
5.            Masing-masing tim akan dipanggil dan menyampaikan argumennya kepada dewan juri di ruangan yang telah ditentukan
6.            Presenter adalah ketua tim
7.            Semua anggota tim diperbolehkan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri
8.            Bagi tim yang belum dipanggilakan menempati ruangan lain yang ditentukan oleh panitia
9.            Alokasi waktu untuk masing-masing tim adalah 15 menit
10.        Setelah seluruh Finalis selesai, maka akan diadakan rapat Dewan Juri untuk menentukan juara 1, 2 dan 3
Penentuanjuara 1, 2 dan 3 adalahakumulasinilaidaribabaksemi final (25%) danbabak final (75%)
Contact Person :0838 7264 0036 (Alex Afit Ardiansyah)

Proposal Desa Binaan


Deskripsi
Lomba Proposal Desa Binaan Plan merupakan ajang dan sarana bagi mahasiswa untuk menyalurkan aspirasi berupa gagasan yang tertuang dalam bentuk tulisan dalam mengembangkan potensi masyarakat pedesaan yang berlandaskan prinsip-prinsip syariah.

Tema
 “Desaku Mandiri, Desaku Menginspirasi”

Kriteria Peserta
1.    Peserta adalah kelompok mahasiswa yang sedang aktif dan terdaftar dalam program pendidikan S-1 atau Diploma, dibuktikan dengan melampirkan fotokopi KTM (Kartu Tanda Mahasiswa).
2.    Peserta adalah kelompok yang terdiri dari 3 (tiga) orang yang dapat berasal dari berbagai program studi yang berbeda atau dari satu program studi yang sama, namun masih dalam satu perguruan tinggi.
3.    Peserta Lomba Proposal Desa Binaan tidak boleh mengikuti perlombaan Olimpiade dan video dalam  acara TELMIREG 2014

Prosedur Pendaftaran
1.    Peserta mengirimkan proposal, formulir ( unduh di Temilreg2014.blogspot.com ) dan FC KTM dalam satu file format PDF dengan ukuran file max 10 MB dan diberi nama NamaKetua_NamaPT_TEMILREG2014.pdf yang kemudian dikirim bentuk softcopy ke email Temilreg2014@gmail.com paling lambat 10 Februari 2014 pkl 23.59 WIB ke Panitia  TELMIREG 2014 (Jl. Raya Bojongsari, Depok, Jawa Barat – Indonesia 16517).
2.    Peserta membayar uang pendaftaran  sebesar Rp. 50.000,-
3.    Pembayaran dilakukan melalui rekening BSM a.n. Taufik Akbar No. 2220038287paling lambat 10 Februari 2013.
4.    Konfirmasi pembayaran ke Sekti Jatmiko (0896 – 9048 – 4551) dengan format Nama_Nama PT_Nominal Pembayaran_BSM dan menyerahkan bukti transfer ketika technical meeting.
5.    Pengumuman 5 finalis akan diumumkan pada 17 Februari 2013 pukul 10.00 WIB

Tema
1.    Proposal Desa Binaan (cover, isi, atau lampiran) boleh didesain se-kreatif mungkin oleh peserta.
2.    Poin-poin pada cover WAJIB disertakan adalah:
a.    Kata “TELMILREG 2014”
b.    Judul Proposal Desa Binaan Plan
c.    Nama Kelompok dan Anggota (nama lengkap/NIM)
d.   Logo, Nama dan Kota Perguruan Tinggi peserta, serta tahun.
3.    Bentuk proposal Desa Binaan bebas (portrait / landscape) dengan menggunakan kertas A4.
4.    Maksimal 20 halaman termasuk halaman cover, daftar isi, CV peserta serta surat keterangan keaslian karya.
5.             Poin-poin yang dituliskan dalam isi :
a.       Judul
Judul Program Hibah Bina Desa hendaklah singkat dan spesifik, tetapi cukup jelas memberi gambaran kegiatan yang diusulkan.
b.      Latar belakang
ü  Identifikasi masalah
Uraikan secara kuantitatif potret, profil, dan kondisi masyarakat sasaran yang akan dilibatkan. Uraikan kondisi dan potensi dari segi fisik, pendidikan, sosial, ekonomi, kesehatan maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan.
ü  Potensi daerah
Prospek potensi Daerah/Desa tampikan data baik secara kualitatif maupun kuantitatif
ü  ……………….. *tambahkan sub-poin lainnya bila perlu (menyesuaikan kebutuhan)
c.       Rumusan masalah
ü  Jelaskan permasalahan yang dihadapi oleh Desa / kelompok sasaran (persoalan eksisting terkait dengan pendidikan, kesehatan, ekonomi, teknologi, sumber daya manusia, sosial budaya dan lingkungan.
ü  Tuliskanlah masalah yang menjadi prioritas dalam  yang akan dilaksanakan.
ü  Usahakan permasalahannya bersifat spesifik konkret serta benar-benar merupakan permasalahan prioritas Desa / kelompok sasaran.
d.      Tujuan
ü  Jelaskan tujuan apa yang akan dicapai dalam kegiatan ini
ü  Usahakan tujuan ini kuantitatif dan terukur
e.       Indikator keberhasilan
ü  Berikan Indikator tingkat keberhasilan yang diharapkan dicapai, dampak kegiatan terhadap Desa / kelompok sasaran, misalnya dari segi pendidikan, kesehatan, ekonomi, teknologi, sumber daya manusia, sosial budaya dan lingkungan
f.       Output yang diharapkan
g.      Manfaat program
ü  Kegunaan ini dirumuskan secara spesifik sesuai dengan [seukuran] problemyang akan dipecahkan/dijawab
h.      Metode pelaksanaan
ü  Uraikan metode yang digunakan dalam pelaksanaan program secara rinci, meliputi teknis, cara atau tahapan kegiatan dalam menyelesaikan permasalahan dan sekaligus pencapaian tujuan serta keberlanjutan program. Tahap Pelaksanaan meliputi :
1. Identifikasi masalah
2. Analisis kebutuhan
3. Penyusunan Program
4. Pelaksanaan Program
5. Monitoring dan Evaluasi
6. Lokakarya Hasil
7  ……………….. *tambahkan sub-poin lainnya bila perlu (menyesuaikan kebutuhan)
h.      Strategi kegiatan
i.        SDM yang dibutuhkan
j.        Rancangan anggaran
Rancangan biaya disusun secara lengkap, wajar, dan jelas peruntukannya dengan komponen biaya
k.      Lampiran
ü  Denah lokasi (wajib dilengkapi dengan deskripsi pemilihan tempat)
ü  Lembar Pengesahan
ü  ............*tambahkan sub-poin lainnya bila perlu (menyesuaikan kebutuhan)


Kriteria Penilaian
a.    Konsep Penilaian
Penilaian dalam Lomba Proposal Desa Binaan TELMIREG 2014 dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian berupa skor atas variabel-variabel penilaian yang kemudian dirangking. Variabel tersebut meliputi variabel inovasi, variabel sosial. Hasil terbaik akan dipanggil sebagai nominator yang kemudian dinilai kembali melalui proses penjurian dalam aspek kualitatif.

b.    Indikator Penilaian
Penilaian dalam lomba Proposal Desa Binaan ini memiliki indikator sebagai berikut :
a.         Kebaruan sebagai karakter inovasi desa binaan
b.        Tingkat pemanfaatan teknologi;
c.         Nilai inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat;
d.        Stimulator perkembangan ekonomi masyarakat;
e.         Pendongkrak tumbuhnya perekonomian masyarakat;
f.         Keseimbangan inovasi dengan dampak pengembangan hasil;
g.        Peningkatan nilai tambah.

c.    Tahap Penilaian

Proses penilaian dalam Lomba Proposal Desa Binaan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap penilaian administrasi dan dokumen, tahap penilaian substansi, tahap penilaian akhir.
a.         Tahap Penilaian Administrasi dan Dokumen
Tahap penilaian administrasi dan dokumen dilakukan dengan cara mengecek kelengkapan persyaratan administrasi dan dokumen yang ditetapkan dan penyerahan dokumen dalam bentuk softcopy dan hardcopy.
b.        Tahap Penilaian Substansi
Tahap penilaian substansi dilakukan dengan menguji isi proposal berdasarkan indikator yang telah ditetapkan.
c.         Tahap Penilaian Akhir
       Tahap penilaian akhir akan ditentukan berdasarkan hasil penilaian juri sebanyak 5 (lima) kelompok yang akan diundang untuk hadir dalam presentasi. Peserta mempresentasikan proposal desa binaan plannya dengan durasi waktu 15 menit. Dilanjutkan tanya jawab dengan juri/peserta lain berdurasi 15 menit.
d.      Keputusan Juri tidak bisa di ganggu gugat

Tata Tertib
1.      Peserta Finalis Proposal Desa Binaan Plan menggunakan pakaian rapi, jas almamater, dan sepatu.
2.      Pembagian ID dan nomor finalis akan ditentukan dengan undian pada saat Technical Meeting.
3.       Peserta akan tampil dan mempresentasikan Proposalnya sendiri dihadapan 3
(tiga) Dewan Juri.
4.      Tiap peserta finalis memperoleh waktu 25 menit dengan alokasi:
·         Presentasi proposal maksimum 15 menit
·         Tanya-jawab dengan dewan juri/forum TEMILREG 2014 maksimum 10 Menit
5.      Peserta diharapkan hadir di ruang lomba 20 menit sebelum perlombaan dimulai.
6.      Jika dalam waktu 5 menit peserta yang dipanggil tidak tampil ke depan, maka peserta yang bersangkutan dinyatakan gugur.
7.      Pada saat sesi Tanya-jawab dengan forum TEMILREG 2014, tiap peserta finalis boleh mengajukan pertanyaan pada finalis yang sedang tampil.
8.      Penilaian ada sesi Tanya-jawab dengan forum TEMILREG 2014 hanya pada kemampuan menjawab dari peserta yang tampil, bobot pertanyaan peserta lain tidak menjadi perhitungan Dewan Juri.
9.      Apabila pada sesi Tanya-jawab dengan forum TEMILREG 2014 tidak ada yang mengajukan pertanyaan atau semua pertanyaan sudah habis dijawab peserta yang tampil sebelum waktu yang dialokasikan telah habis, maka sisa waktu sesi tersebut akan digunakan kembali untuk Tanya-jawab dengan Dewan Juri.
10.  Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.



Pengumuman Pemenang
1.      Pengumuman peserta Finalis Proposal Desa Binaan Plan TEMILREG 2014 yang berjumlah 5 kelompok akan disampaikan oleh panitia pada tanggal 17 Februari 2014 lewat telepon maupun website TEMILREG 2014.
2.      Penyerahan hadiah kepada pemenang Proposal Desa Binaan Plan TEMILREG akan diadakan pada tanggal 22 Februari 2014 pada acara Closing Ceremonial TEMILREG 2014

Contact Person :0896 9048 4551 (Sekti Jatmiko)

Video Ekonomi Islam



Deskripsi Acara
Lomba membuat video yang menggambarkan aktifitas ekonomi yang sehari- hari sering tejadi secara sederhana atau kompleks dalam bentuk visual.Sehingga khalayak mampu memahami Ekonomi Islam yang memberikan nilai kebaikan pada umat manusia.
Tujuan
a)    Mensosialisasikan Ekonomi Islam  pada masyarakat yang masih minim informasi dalam aktifitas Ekonomi Islam.
b)   Mahasiswa mampu mensosialisasikan Ekonomi Islam dalam dalam betuk hasil karya visual.
Sasaran
Mahasiswa/i jenjang strata1 maupun diploma yang “aktif” di dalam kampus.
Tema Video
“Islamic Economics started from my self and my environment
Ekonomi Islam bermula dari diriku dan lingkunganku”
Jenis Video
Dokumenter atau Sketsa
Syarat dan Ketentuan
A.    Persyaratan kriteria peserta
1.      Peserta terbuka untuk MAHASISWA/I yang “Aktif” di dalam kampus
2.       Peserta bisa individu ataupun kelompok (tidak terbatas)
3.      Peserta mengisi formulir pendaftaran dengan cara mengunduhnya di blog Temilreg2014.blogspot.com

B.     Pesyaratan video
1.       Video mengambarkan Berdasarkan Tema & Tujuan
2.      Durasi video 5-10 menit
3.      Video yang diikut sertakan dalam lomba adalah hasil karya asli dari individu ataupun kelompok (kuota dari kelompok bebas)
4.      Video yang diikut sertakan adalah video yang sebelumnya belum pernah diikut sertakan dalam perlombaan apapun
5.      Video yang diperkenankan untuk mengikuti perlombaan adalah video yang tidak melanggar aturan-aturan syara’ dan norma-norma yang berlaku serta tidak diperkenankan untuk menyinggung suatu badan atau pihak-pihak tertentu
6.      Karya video yang dikirim bisa lebih dari satu video

C.      Ketentuan dalam kompetisi video Ekonomi Syariah
1.      Buatlah sebuah video dengan durasi 5-10 menit
2.      Buatlah video dengan tema “ Islamic Economics started from my self and my environment
3.      Video dianjurkan dapat menggunakan subtitle Bahasa Inggris
4.      Di Upload di youtube dan Tag di facebook telmireg,
5.      Penamaan Judul Video, dengan format  #Temilreg2014_judul video_asalkampus.

D.    Indikator Penilaian
1.      Dilihat dari kesesuaian dengan tema
2.      Lamanya durasi video
3.      Efek dalam video
4.      Pesan yang disampaikan dalam video
5.      Jumlah like (Y)
6.      Jumlah penonton video
7.      Bahasa yang digunakan dalam video

E.     Penjurian
1.      Batas Pengiriman atau batas untuk mengungah 17 februari 2014.
2.      Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
3.      Pemenang dihubungi melalui melalui telpon dan posting di website dan facebook
4.      Pemenang harus hadir di acara puncak

F.      Informasi Tambahan
1.      Peserta hanya dapat memenangkan  hadiah untuk 1 video saja.
2.       Hadiah tidak dapat ditukar dan dipindahtangankan ke pihak lain.
3.      Hadiah yang tidak diklaim dalam jangka waktu 1 (satu) bulan setelah pengumuman Pemenang akan hangus dan tidak dapat diambil.
4.      Apabila dikemudian hari diketahui ada Pemenang yang telah melanggar Syarat dan Ketentuan Umum ini, maka secara otomatis gelar pemenang yang akan diberikan kepada Peserta yang bersangkutan akan dibatalkan dan Peserta tersebut tidak berhak atas hadiah lomba.
5.      Video yang dikirim telah menjadi hak milik pelaksana acara.
6.      Terkait info lebih lanjut silahkan dilihat di twitter-facebook-blogspot.
7.      Pengumuman pemenang akan diumumkan pada Seminar.
8.      Pemenang diundang pada acara seminar
Cara Pendaftaran
1.      Mengunduh formulir pendaftaran dan petunjuk pelaksanaan video Ekonomi Islam melalui Temilreg2014.blogspot.com
2.      Mendaftar tim delegasi via e-mail ke temilreg2014@gmail.com sesuai dengan format yang terdapat di formulir pendaftaran
3.      Peserta membayar uang pendaftaran  sebesar Rp. 25.000,00
4.      Pembayaran dilakukan melalui rekening BSM a.n. Taufik Akbar No. 2220038287paling lambat 10 Februari 2014.
5.      Konfirmasi pembayaran ke Fadlan  (0897-490-1974) dengan format Nama_Nama PT_Nominal Pembayaran_Video dan bukti transaksi diserahkan panitia ketika technical meeting

Contact Person :08974901974 (Fadlan Karimuddin)


Fun Games



Deskripsi
Seperti namanya, “Fun Games” maka perlombaan ini pun memang benar bersifat santai, enjoy, dan fun. Tetapi tidak terlepas dari arena Ekonomi Syariah itu tentunya.Diharapkan dari permainan ini nantinya dapat menambah ukhuwah, kerjasama, dan kekompakan setiap peserta.

Peserta Lomba
Peserta perlombaan ini adalah berjumlah 25 tim yang masing-masing tim berjumlah dua orang. Peserta ini didapat dari perwakilan KSEI yang ada, jika belum mencukupi 25 tim, maka diberikan tambahan tim dari KSEI yang bersedia hingga jumlah akhir adalah 25 tim.
Tempat
Setting tempat perlombaan adalah outdoor / dihalaman SEBI.

Cara Pendaftaran
1.      Mengunduh formulir pendaftaran dan petunjuk pelaksanaan Fun Games Ekonomi Islam melalui Temilreg2014.blogspot.com
2.      Mendaftar tim delegasi via e-mail ke temilreg2014@gmail.com sesuai dengan format yang terdapat di formulir pendaftaran
3.      Peserta membayar uang pendaftaran  sebesar Rp. 15.000,00
4.      Pembayaran dilakukan melalui rekening BSM a.n. Taufik Akbar No. 2220038287paling lambat 10 Februari 2014.
5.      Konfirmasi pembayaran ke Sarniati(0856-9086-270) dengan format Nama_Nama PT_Nominal Pembayaran_Fun Games dan bukti transaksi diserahkan panitia ketika technical meeting

Teknis Perlombaan
            
1.       Sesi 1
a.       Perlombaan sesi I terdiri dari dua jenis yaitu balon dan bola.
b.      Peserta di sesi I berjumlah 25 tim.
c.       Terdiri dari lima (5) waktu permainan, dimana setiap waktu permainan terdiri dari lima tim, sehingga lengkap 25 tim.
d.      Dari setiap waktu permainan / dari lima tim yang bermain akan diperoleh satu tim berdasarkan perolehan poin terbanyak, yang kemudian akan masuk di final sesi ke-2.
e.       Perlombaan diikuti oleh dua orang dari masing-masing tim.
f.       Dalam permainan balon, tiap peserta saling beradu punggung untuk memecahkan balon yang berisi soal, tangan saling bergandengan dengan peserta tim lain.
g.      Peserta akan mendapatkan kertas berisi potongan soal yang harus dilanjutkan.
h.      Dalam permainan bola (nampan berisi bola-bola kecil), setiap peserta berebut mencari lanjutan soal di dalam bola-bola.
i.        Sambil mencari lanjutan soal, peserta harus ta’arufan dengan peserta lain sebanyak delapan orang ditunjukkan dengan mengisi data yang disediakan panitia.
j.         Setelah dapatkan 2 potongan soal, maka peserta bisa secepatnya menjawabnya dengan menuliskan di lembar kertas yang telah disediakan panitia.
k.      Selama perlombaan, dilakukan penghitungan waktu.
2.      Sesi 2
a.       Yang mengikuti perlombaan di sesi ke-2 terdiri dari lima (5) tim yang lolos dari sesi I.
b.      Permainan dalam sesi ke-2 berupa menjawab dan menebak soal yang sudah disediakan panitia.
c.       Akan dilakukan pengundian untuk menentukan tim mana yang akan main terlebih dahulu, beserta soalnya.
d.      Dalam  permainan sesi ke-2 orang pertama  bertugas menjawab soal.
e.       Sedangkan peserta satu lagi bertugas  menebak hasil jawaban rekan kerjanya.
f.       Waktu yang tersedia dari menjawab sampai menebak adalah 5 menit, jika sampai waktu habis belum juga tertebak, maka dinyatakan gagal.
g.      Menjawab soal benar akan mendapat nilai 50.
h.      Peserta penebak tidak boleh tahu hasil jawaban temannya. Dan peserta penjawab hanya boleh memberikan klu di awal dan selanjutnya hanya boleh mengatakan benar/ tidak/ bisa jadi/ bukan saja, selain itu maka akan didiskualifikasi.

Skema dan Jadwal Perlombaan



Peraturan Perlombaan
1.         Selama perlombaan peserta harus memperhatikan aturan yang ada.
2.         Tidak diperkenankan untuk berbuat curang.
3.         Dilarang bekerja sama dengan penonton dan siapapun selain teman kerjanya.
Penilaian Perlombaan
Penilaian dari perlombaan ini adalah didasarkan atas :
1.         Kecepatan
a.         Cepat  I bernilai 50
b.         Cepat  II  bernilai 40
c.         Cepat  III  bernilai 30
d.        Cepat  IV  bernilai 20
e.         Cepat  V  bernilai 10

2.         Ketepatan
Jawaban soal benar akan mendapatkan poin 50.

Contact Person :0856 9086 270 (Sarniati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar